.Pengaturan Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007
Kemampuan mengetik
surat di Microsoft Word 2007 merupakan keterampilan yang wajib anda
miliki. Bukan hanya sekedar mengetik kata, namun anda mesti mengetahui
atau pun menguasai fitur-fitur penting dalam aplikasi pengolah kata
buatan perusahaan Bill Gates ini. Salah satunya adalah Page Setup. Apa fungsi dari page setup ini ? Untuk memahami hal tersebut pertanyaannya harus diubah.
Bagaimana cara mengubah ukuran kertas di Microsoft Word 2007 ? Ini pertanyaan tepat untuk memperkenalkan fitur Page Setup. Awal saya mengenal Microsoft Word, pada settingan default untuk ukuran lembar kerja adalah Letter
(21,59 cm x 27,94 cm). Tidak sama dengan ukuran kertas yang beredar di
toko-toko stationer. Hanya menyamakan dengan ukuran kertas kwarto yang
banyak dijual. Meskipun ukuran panjang dan lebarnya berbeda tipis.

Kertas SIDU F4 dan A4 (Foto : alattulisku.com)
Sebelum anda melanjutkan, perlu diketahui beberapa ukuran kertas yang beredar di pasaran. Berdasarkan hasil pengamatan saya,
terdapat 3 jenis kertas yang umum digunakan untuk mencetak (print)
hasil ketikan di Microsoft Word 2007. Jenis kertas tersebut, antara lain
:
- Ukuran Kertas Kwarto (QS : Quarto Special) = 215 mm x 285 mm
- Ukuran Kertas Folio (F4) = 215 mm x 330 mm
- Ukuran Kertas A4 (A4 Spesial) = 215 mm x 297 mm
Ketiga kertas di atas, memiliki
perbedaan pada ukuran panjang. Selain itu, kertas-kertas tersebut
memiliki 2 macam ketebalan yaitu 70 gr dan 80 gr. Kertas yang mana
sering anda pakai ?
Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word 2007Pengaturan ukuran kertas pada Microsoft Word 2007 dapat anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Klik tab Page Layout

Page Layout Microsoft Word 2007

More Paper Sizes Microsoft Word 2007

Page Setup Microsoft Word 2007
Mengubah ukuran kertas menggunakan cara di atas, perlu anda perhatikan bahwa orientation dalam posisi portrait.
Dahulukan mengatur ukuran kertas sebelum anda mengetik, karena anda
akan kesusahan merapikan parangraf/teks. Jika anda ingin memasukkan
ukuran halaman untuk amplop. Ukurlah dahulu amplop baik panjang maupun
lebarnya. Amplop yang memiliki lebar penutup lebih besar dari
panjangnya, masukkan ukuran lebar pada height dan panjang di width.
Setelah itu, anda ubah orientation dari portrait ke landscape. Ketika ingin mencetak ke printer, posisi amplop tegak lurus dimana penutupnya mengarah ke kiri (kiri anda saat berhadapan dengan printer).
2.insert clip art
Anda dapat memasukkan gambar clipart untuk mendukung penjelasan tentang topik tulisan anda, atau memperindah tulisan anda.
Untuk menambahkan gambar clipart, lakukan prosedur berikut:
1. Pada menu bar pilih Insert -> Picture -> Clip art..

2. Pada kotak Clip art pilih Organize clips..

3. Dalam daftar "Collection List" Pilih " Office Collections" pilih folder "Animals -> Wild"

4. Klik gambar yang ada diselah kanan tampilan, klik panah turun (disamping gambar harimau). Klik Copy

5. Pada menu bar pilih "Edit -> Paste"

6. Gambar akan muncul di lembar kerja
Agar gambar bisa digeser atau diatur, maka klik kanan pada gambar, pilih "Format Picture"
7. Pilih tab "Layout"
Pilih "Behind the text" (anda bisa memilih option lain)
Klik OK

8. Tampilannya akan tampak seperti di bawah, dan gambar sudah bisa digeser menyesuaikan dengan teks.

Untuk menambahkan gambar clipart, lakukan prosedur berikut:
1. Pada menu bar pilih Insert -> Picture -> Clip art..

2. Pada kotak Clip art pilih Organize clips..

3. Dalam daftar "Collection List" Pilih " Office Collections" pilih folder "Animals -> Wild"

4. Klik gambar yang ada diselah kanan tampilan, klik panah turun (disamping gambar harimau). Klik Copy

5. Pada menu bar pilih "Edit -> Paste"

6. Gambar akan muncul di lembar kerja
Agar gambar bisa digeser atau diatur, maka klik kanan pada gambar, pilih "Format Picture"

Pilih "Behind the text" (anda bisa memilih option lain)
Klik OK

8. Tampilannya akan tampak seperti di bawah, dan gambar sudah bisa digeser menyesuaikan dengan teks.

Selain fasilitas – fasilitas dalam hal pencetakan MS.
Office Word juga memiliki fasilitas dalam memasukkan gambar, serta
membuat kolom. Untuk itu pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana
memasukkan Picture, Clip Art, membuat Word Art, Drop Cap serta membuat
kolom. Berikut penjelasannya.
Keterangan :
3. Word Art : Word art ini biasanya digunakan pada judul Text. Berikut Contohnya
-
Selain contoh text di atas, masih terdapat banyak variasi lagi… Semuanya tergantung dari teman- teman Pinginnya yang mana.
4. Drop Cap : ……………………………………….. mari kita lihat contohnya
saja……………………………. (G' tau mau mengkalimatkannya seperti apa).
Setelah DropCap
Pada gambar di atas Huruf J yang kita blok lalu diberikan efek Drop Cap akan membesar tapi tetap menyatu dengan teks selanjutnya. MAsih belum mengerti. Baiklah kalau begitu langsung ke caranya saja, nanti teman – tema akan mengerti sendiri…!
5. Columns : Berfungsi untuk membuat naskah, menjadi kolom, dan berikut penggunaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar